Contoh Laporan Kunjungan Industri Pocari Sweat


LAPORAN
KUNJUNGAN PERUSAHAAN
PT. AMERTA INDAH OTSUKA






DISUSUN OLEH :

FEBRI ARDI CANDRA ( 14.1.03.01.0036 )




KELAS 3D
PROGAM STUDI TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
2016






BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Kebutuhan akan minuman atau makanan yang sangat baik bagi kesehatan semakin meningkat dari hari ke hari. Munculnya minuman isotonik sebagai pengganti ion tubuh yang hilang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Pocari Sweat, merupakan minuman isotonik yang diproses dengan menggunakan teknologi aseptik yang lebih baru dan lebih bersih. Komposisi minuman ini mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan elektrolit yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi berat. Selain itu, dengan kelebihan tersebut, minuman ini dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat. Banyaknya minat terhadap produk Pocari Sweat, membuat perusahaan asal  Jepang  Otsuka  Pharmaceutical Co., Ltd melebarkan sayapnya dengan investasi di Indonesia. Pocari Sweat diterima oleh masyarakat di Indonesia. Hal tersebut membuat Pocari sweat semakin dikenal sehingga berdirilah pabrik anak cabang dari Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., yang tersebar di penjuru Indonesia. Semua pabrik yang berdiri di Indonesia memakai sistem yang lebih baik untuk terus meningkat kualitasnya demi kepuasan konsumen Indonesia. Pabrik yang pertama berlokasi di daerah Sukabumi, Jawa Barat dengan Nama PT. Amerta Indah Otsuka.  Seiring dengan meningkatnya permintaan produk, maka PT  Amerta  Indah Otsuka membuka pabrik di Kejayen, Pasuruan, Jawa Timur. Dengan peroperasinya pabrik di Pasuruan tersebut memungkinkan PT. Amerta Indah Otsuka dalam menjamin ketersediaan produk Pocari Sweat untuk pasar dalam negeri. Pembukaan pabrik yang terletak di Jawa Timur juga merupakan bagian dari komitmen.Kunjungan Industri yang dilaksanakan oleh Universitas Nusantara PGRI Kediri ini merupakan salah satu  upaya  untuk  meningkatkan Sumber Daya Manusia yang  kreatif  agar  nantinya  dapat  bersaing  secara sehat di dunia kerja   khususnya dalam  bidang  pangan. Dengan adanya kunjungan industri ke PT. Amerta Indah Otsuka ini diharapkan  antara  mahasiswa dan perusahaan dapat saling bertukar informasi sehingga dapat menjalin hubungan yang saling menguntungkan baik bagi pihak kampus maupun pihak PT. Amerta Indah Otsuka

1.2  Tujuan
Kunjungan Industri ke PT. Amerta Indah Otsuka ini memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk :
a) Dapat  memahami  dan mengenal produk olahan pangan secara lebih dekat.
b) Mengetahui gambaran yang realistis dalam merancang pendirian sebuah pabrik minuman isotonik yang terkemuka.
c) Mengetahui proses-proses, mesin-mesin, cara pengemasan, sistem majanemen, dll dalam suatu pabrik Industri minuman isotonik seperti PT. Amerta Indah Otsuka ini.
d) Menambah pengetahuan dan informasi tentang dunia kerja

1.3  Manfaat
Kunjungan Industri ke PT. Amerta Indah Otsuka ini memiliki beberapa manfaat diantaranya :
a) Kita dapat mengetahui bagaimana proses produksi dari pocari sweat
b) Kita juga dapat menambah pengetahuan dan informasi tentang dunia kerja
c) Kita dapat mengetahui manfaat dari pocari sweat
d) Kita dapat mengetahui produk dari PT Amerta Indah Otsuka 

1.4  Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Hari/Tanggal : Senin/26 september 2016
Waktu : Pukul 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : PT. Amerta Indah Otsuka, Kejayan Pasuruan - Jawa Timur.





BAB II
PROFIL PERUSAHAAN

2.1 Gambaran Umum Perusahaan
2.1.1 Sejarah Pocari Sweat

Pocari Sweat merupakan salah satu minuman ringan dan minuman olahraga terpopuler di Jepang, diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. Minuman ini pertama kali dijual pada tahun 1980.Di luar Jepang juga dijual pada daerah Asia Timur, Asia Tenggara dan Timur Tengah.. Pocari Sweat mempunyai rasa ringan, relatif ringan, minuman manis berkarbonasi dan diiklankan sebagai "minuman pengganti ion dalam tubuh".Memiliki rasa jeruk ringan dengan sedikit sensasi. Bahan komposisinya adalah air, gula, asam sitrat, natrium sitrat, natrium klorida, kalium klorida, kalsium laktat, magnesium karbonat dan rasa. Serta dijual dalam bentuk cairan, dapat dalam bentuk aluminium dan botol plastik namun ada juga yang dalam bentuk serbuk. Bagian pertama dari nama,Pocari, tidak memiliki arti apa pun, kata itu diciptakan untuk perkataan yang jelas. Kata "sweat" (keringat) dapat berarti cairan tubuh yang dihasilkan dari keringat, dalam bentuk minuman cenderung memiliki rasa humor tertentu dengan penempatan tertutup atau konotasi untuk penutur asli bahasa Inggris. Namun, namayang telah dipilih oleh produsen awalnya untuk tujuan pemasaran produk sebagai minuman olahraga di Jepang, di mana masyrakat pada umumnya tidak mementingkan penerjemahan nama-nama yang muncul dalam bahasa Inggris dan karenanya tidak terganggu oleh konotasinya sendiri. Hal ini sebagian besar berasaldari gagasan tentang apa yang dimaksudkan untuk memasok ke peminum semua nutrisi dan elektrolit hilang ketika berkeringat.
Nutraceutical Research Institut adalah salah satu dari 20 pusat penelitian yang dimiliki oleh Otsuka Pharmaceutical Co.,Ltd.Japan. Disini diteliti mengenai cairan tubuh, komposisi cairan tubuh dan apa pengaruhnya jika tubuh kekurangan cairan. Berdasarkan hasil penelitian bertahun-tahun inilah diciptakan konsep produk  POCARI SWEAT,  sebagai minuman pengganti ion tubuh.60 % berat badan kita adalah cairan, terdiri dari air dan elektrolit. Elektrolit adalah uraian dari garam mineral yang secara alami sudah ada dalam tubuh kita. Elektolit adalah gabungan dari ion positif (kation) & ion negatif (anion), berguna untuk membantu kelancaran fungsi cairan tubuh. POCARI SWEAT mengandung elektrolit dengan komposisi mirip dengan cairan tubuh. 

2.2 Struktur Organisasi
PT. Amerta Indah Otsuka berbentuk Perseroan Terbatas yang merupakan anak perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi yang sudah terkenaldi Jepang. Struktur organisasi yang disusun dengan baik dan jelas akan membantu melaksanakan pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas dan tegas antara suatu bagian dengan bagian lainnya, baik padatingkat manajemen atas, menengah, maupun tingkat bawah. Suatuperusahaan harus memiliki struktur organisasi yang sesuai dengan sifatdan jenis usahanya.




2.3 Visi dan Misi
Visi
Menjadi perusahaan yang brilian, dengan memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta masyarakat.

Misi
Mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi
Menjadikan kebutuhan dan kesehjatraan konsumen dan masyarakat sebagai prioritas utama
Menangkap peluang di semua aspek secara tepat dan inovatif untuk kesejahtraan dan kepuasan konsumen serta perkembangan perusahaaan

BAB III
PELAKSANAAN KUNJUNGAN PERUSAHAAN

3.1 Gambaran Umum Pelaksanaan

Pada tanggal 26 september 2016 Universitas Nusantara PGRI kediri melakukan kunjungan industri ke PT. Amerta Indah Otsuka, Pasuruan Jawa Timur. Perjalanan dimulai pada pukul 04.00 sampai dengan 09.00. Saat sampai disana kami menunggu giliran kunjungan industri dengan rombongan lain. Jam 11.00 kami diinstruksikan untuk memasuki gedung PT. Amerta Indah Otsuka. Sebelum kami menuju aula yang terletak di lantai paling atas gedung kami dipersilahkan mengantri untuk mengambil minuman Pocari Sweat. Setelah semua mahasiswa/i mendapatkan minumannya kami pun menuju aula. Sesampainya di aula kami langsung dipersilahkan mengambil posisi tempat duduk. Tidak lama kemudian kami langsung menyaksikan presentasi sejarah PT. Amerta Indah Otsuka, sejarah Pocari Sweat dan sejarah produk - produk lainnya yang diproduksi oleh PT. Amerta Indah Otsuka. 
Setelah presentasi selesai, kami diajak untuk berkeliling untuk melihat proses produksi Pocari Sweat. Walaupun tidak secara langsung, tapi kami sudah mendapat gambaran mengenai proses produksi tersebut, mulai dari pembuatan botol, pembuatan larutan, sampai ke proses pengemasan Pocari Sweat.
Dan itu merupakan perjalanan terakhir kami, tapi sebelum itu kami diberi gimmick dari Pocari Sweat. Serta tidak lupa kami berfoto dengan background gedung PT. Amerta Indah Otsuka  sebagai dokumentasi. Dan kami pun meninggalkan PT. Amerta Indah Otsuka sekitar pukul 13.00 WIB. Dilanjutkan ke tempat wisata kota batu.





3.2 Ulasan Materi
3.2.1 Peralatan yang digunakan 
Adapun peralatan yang digunakan PT. Amerta Indah Otsuka dalam pembuatan pocari sweat ini adalah sebagai berikut : 
Pembuatan botol :
1. Injection moulding, digunakan untuk pembuatan atau pembentukan resin (biji plastik) menjadi preform (bakal botol pocari) yang kemudian akan dibuat untuk botol pocari sweat 
2. Blow molding, digunakan untuk pembentukan peform (bakal botol pocari) menjadi botol pocari. Sistem alat ini yaitu dengan menghembuskan udara ke dalam peform yang kemudian akan membentuk botol sesuai kemasan botol yang diinginkan. 
Pembuatan Larutan :
1. Timbangan, digunakan untuk menimbang bahan baku yang berupa garam - garam yang dicampurkan ke dalam air sesuai dengan komposisi yang ditetapkan.
2. Tangki penampung, digunakan untuk menampung air Arthesis yang digunakan sebagai bahan baku. 
3. Mixer, digunakan untuk mencampur dan melarutkan garam, guladan air sebagai komposisi cairan pocari sweat.
Proses pengemasan pocari :
1. Mesin sterilisasi, digunakan untuk mensterilkan botol dan tutup botol agar terhindar dari kontaminan.
2. Mesin filling capping, digunakan untuk memasukkan produk pocari sweat ke dalam botol yang sudah steril.
3. Mesin pelabelan yang terdiri dari cap sterilisation, cap sorter, cap checker, digunakan untuk memberi label secara otomatis pada produk pocari sweat yang sudah dikemas.
4. Mesin detektor yang terdiri dari mesin bottle preassure detector, labeller, link jet printer bottle, camera inspector, digunakan untuk menseleksi / mendeteksi produk-produk yang rusak atau tidak sesuai dengan standar pocari sweat sehingga produk yang tidak sesuai tersebut dapat disingkirkan.
5. Mesin auto caser, mesin pengemas yang digunakan untuk mengemas dan menata produk pocari sweat jadi ke dalam kardus kemasan pocari sweat.

3.2.2 Bahan Baku
Bahan Baku yang digunakan adalah :
1. Air Arthesis, yaitu air yang berada 120 m di bawah permukaan tanah atau air yang berada di bawah air permukaan tanah. Pengadaan bahan baku air arthesis ini diambil dari daerah disekitar dengan memilih daerah yang memang bagus sumber airnya.
2. Garam/natrium, garam yang digunkan adalah garam-garaman yang sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga mampu menggantikan ion tubuh yang hilang. Pengadaan bahan baku garam ini dilakukan didapatkan dari lokal daerah sekitar dan ekspor dari negara Jepang. 
3. Gula, gula yang digunakan adalah gula glukosa yang diambil diperusahaan gula lokal.

3.2.3 Bahan Penunjang
Berikut bahan penunjang yang digunakan adalah :
1. Resin, yaitu biji plastik khusus yang digunakan untuk bahan pembuat botol pocari sweat. Resin sendiri didapatkan dari negara Jepang karena di Indonesia masih belum ada pihak yang mensuplai resin dalam kapasitas besar.
2. Tutup botol, yaitu tutup botol dengan bahan khusus sebagai tutup dari pocari sweat. Tutup botol ini disuplai dari negara Jepang dan menggunakan system 3 putaran unik.
3. Label, yaitu label yang berasal dari bahan plastik yang digunakan sebagai label dalam kemasan pocari sweat. Pengadaan label ini didapatkan dari produsen plastik di daerah Indonesia
3.2.4 Pemasaran dan Distribusi
PT. Amerta Indah Otsuka dengan kapasitas produksi sebesar 600 botol/menit dan jam kerja selama 23 jam per hari, jumlah produk Pocari Sweat tentunya sangat banyak. Pabrik Pocari Sweat di Kejayan merupakan sub induk dari Perusahaan Otsuka Asia Pasifik yang memproduksi minuman isotonik Pocari Sweat. Sehingga selain memenuhi permintaan Pocari Sweat dalam negeri, produk akan diekspor ke Hongkong, Singapura, Malaysia, Arab Saudi dan Mesir.

3.2.5 Pengemasan
PT. Amerta Indah Otsuka Proses pengemasan merupakan bagian akhir dari sebuah proses produksi yang ada di PT. Amerta Indah Otsuka. Pengemasan merupakan salah satu cara untuk melindungi atau mengawetkan produk pangan maupun non pangan. Pengemasan mempunyai peranan dan fungsi yang penting dalam menunjang distribusi produk terutama yang mudah rusak mengalami kerusakan. Proses pengemasan dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan, sehingga efektifitas danefisiensi kerja dapat terwujud dengan baik. Pada PT. Amerta Indah Otsuka ada dua tahap proses pengemasan yaitu pengemasan primer dan pengemasan sekunder.
Pengemasan Primer
Dengan menggunakan peralatan yang berteknologi canggih serta bahan baku plastik yang lebih ringan serta proses produksi disuhu ruang dalam lingkungan pabrik yang bersih ini akan menghasilkan eco bottle yang ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi karbon ke lingkungan. Bahan kemasan primer yang digunakan kemasan pocari sweat yaitu polietilen tereptalat (PET). PET memiliki sifat yang transparan, jernih, dan kuat.Biasanya dipergunakan sebagai botol minuman (air mineral, jus, softdrink, minuman olah raga) tetapi tidak untuk air hangat atau panas. Polietilena tereftalat adalah suatu resin polimer plastik termoplast dari kelompok poliester. PET banyak diproduksi dalam industri kimia dan digunakan dalam serat sintetis, botol minuman, wadah makanan, dan aplikasi thermoforming serta dikombinasikan dengan serat kaca dalam resin teknik.
Pengemasan Sekunder 
Kemasan sekunder merupakan tahapan selanjutnya dari pengemasan primer. Produk yang berasal dari ruang pengemas primer selanjutnya dibawa ke ruang pengemas sekunder. Produk yang telah masuk keruang pengemas sekunder selanjutnya dikemasoleh para packer. Produk dikemas dalam karton yang merupakan pengemas sekunder. Karton dilewatkan pada mesin karton sealer yang secara otomatis akan menutup rapat karton baik dari bawah maupun dari atas. Pada kemasan sekunder juga terdapat informasi tentang produk, namun tidak selengkap informasi yang terdapat pada kemasan primer.

3.2.6 Sistem Sanitasi
Sistem sanitasi merupakan kegiatan yang terencana terhadap lingkungan produksi, bahan baku, peralatan dan pekerja untuk mencegah kontaminasi terhadap hasil olahan, kerusakan hasil olah, mencegah terlanggarnya nilai estetika konsumen serta mengusahakan lingkungan kerja yang bersih, aman dan nyaman. Sistem sanitasi yang dilakukan olehPT. Amerta Indah Otsuka adalah sebagai berikut :
a) Sanitasi Bahan Dasar Sanitasi bahan dasar yang dimaksudkan agar bahan baku berupasusu dan bahan-bahan pembantu bersih dari kontaminan.
b) Sanitasi lingkungan Pabrik Sanitasi lingkungan produksi merupakan yang dilakukan meliputi pembersihan bangunan (lantai, dinding, atap dan langit-langitserta ventilasi). Setiap hari perlakuan sanitasi yang dilakukan oleh PT.Amerta Indah Otsuka meliputi lantai disapu dan dipel setiap pergantianshift. Pembersihan atap, langit-langit dan ventilasi dilakukan setiap satubulan sekali .
c) Sanitasi ruang produksiSanitasi ruang produksi dilakukan terhadap semua komponen bangunan ruangan produksi meliputi langit-langit, lantai, kaca dandinding. Sanitasi ruang produksi memiliki perlakuan hampir samadengan sanitasi di lingkup ruangan lainnya selain ruang produksi. Langit-langit ruang produksi dibersihkan setiap 1 bulan sekali.
d) Sanitasi pengolahan limbah
o Limbah cairan pocari sweat, limbah cair ini diolah dengan sistem wash water treatment plan. Selain itu limbah cairan pocari juga diterapkan untuk penyiraman tanaman dan pengisian air pada kolam ikan di sekitar pabrik.
o Limbah padat, limbah padat dari produk pocari sweat yang berupa botol pocari sweat. Limbah botol ini sebelum di daur ulang dilakukan penghancuran botol oleh pihak pabrik yang dilakukan di luar pabrik.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Kesimpulan pada kunjungan Industri di PT. Amerta Indah Otsuka adalah sebagai berikut :
1. PT. Amerta Indah Otsuka merupakan pabrik yang bergerak di bidang bisnis minuman isotonik dan makanan ringan rendah lemak dengan produk yang dihasilkan minuman ion pocari sweat dan cemilan sehat soyjoy.
2. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan minuman isotonik pocari sweat adalah air arthesis, gula, dan garam dengan ditambah bahan pengemas (botol) yang bahan bakunya berasal dari Jepang.
3. Proses produksi yang dilakukan dalam pengolahan pocari sweat ini semuanya dilakukan dengan peralatan dan mesin yang modern dan dalam pengolahannya sudah sangat steril dan meminimalisir campur tangan manusia.
4. Dengan kapasitas produksi sebesar 600 botol / menit dan jam kerja selama 23 jam per hari produk pocari sweat dengan bermacam - macam kemasan ini sudah dipasarkan ke Indonesia, Hongkong, Singapura, Malaysia, Arab Saudi dan Mesir.
5. Mesinnya selalu di cek setiap waktu. 
4.2 Saran
Berikut saran yang dapat saya berikan
.
1. Serta saat proses produksi Pocari Sweat seharusnya menambahkan beberapa
tutor untuk menjelaskan dan menerangkan proses produksi Pocari Sweat.
2. Kurangnya koordinasi antar pihak kampus dengan pihak PT. Amerta Indah
Otsuka, sehingga saat ingin memasuki gedung PT. Amerta Indah Otsuka kami harus menunggu cukup lama
3. Untuk keberangkatan nya seharusnya tepat waktu, tidak molor karena pihak  PT. Amerta Indah Otsuka tidak mentolelir keterlambatan
4. Harus nya PT. Amerta Indah Otsuka memperlihatkan proses produksi yang lain, karena produk mereka ada 3 yaitu, pocari sweat, ionesence,dan soy joy. Dan kita Cuma di perlihatkan untuk pocari sweat saja.


EmoticonEmoticon